Senin, 03 September 2012

Jenis Ikan Mas Koi



Ikan Koi merupakan sejenis ikan yang banyak dipelihara sebagai ikan hiasan kerana sifatnya yang lemah lembut. Ia hampir menyerupai ikan Emas dan memang dalam famili yang sama dengan ikan Emas.
Jenis Ikan Koi Terdapat banyak sekali jenis ikan koi, tiga antaranya yang sangat terkenal disebut Gosanke. Yang termasuk Gosanke adalah :

1. Kohaku Kohaku merupakan jenis ikan koi yang mempunyai corak warna merah di atas warna putih.
2. Sanke Sanke adalah jenis ikan koi yang mempunyai corak warna merah dan hitam di atas warna putih. Corak hitam tidak terdapat di kepala.
3. Showa Showa adalah jenis ikan koi hitam dengan corak warna merah dan putih.
Cyprinus capriyo merupakan nama Latin ikan koi yang mempunyai kekerabatan yang sama dengan ikan mas. Konon, ikan mas merupakan nenek moyang ikan koi. Oleh karena itu, ikan koipun bisa dikonsumsi
Di negara asalnya Jepang, ikan koi bisa mencapai panjang maksimum 120 cm. Sedangkan di Indonesia ikan koi baru bisa mencapai panjang maksimum 75 cm. Ikan koi termasuk ikan yang berumur panjang. Konon ikan koi milik Kekaisaran Jepang mencapai umur 120 tahun, dengan panjang 120 cm.
Ikan koi yang kekurangan oksigen dapat menyebabkan kematian pada ikan ini. Agar ikan koi kesayangan di kolam selalu dalam kondisi yang sehat dan indah maka penting untuk difahami apakah kadar oksigen terlarut (disolved oxigen) di dalam air terlalu rendah atau tidak? Jika ya bagaimana meningkatkan konsentrasi oksigen pada air kolam? Bagaimana kita bisa menguji kadar oksigen dalam air kolam? Bagaimana kita bisa mendapatkan oksigen ke bagian bawah kolam . Pertanyaan itu penting untuk hidup ikan koi kesayangan kita agar tetap tumbuh sehat, indah dan optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar